2019 Kediri Bakal Punya Bandara Baru

Sekretaris Kabinet, Pramono Anung mengungkapkan, pembangunan bandar udara di Kediri, Jawa Timur, bisa dimulai pada 2019. Hal itu, lantaran semua perizinan yang diperlukan sudah dimiliki.

Menurut dia, meski ada beberapa kendala teknis, terkait pembebasan lahan. Kini, semua perizinan untuk pembangunan bandara tersebut telah dikeluarkan Menteri Perhubungan, termasuk rekomendasi dari TNI AU.

“Harapannya, kalau semuanya alhamdulillah berjalan lancar (pembangunan bandara Kediri), 2019 sudah bisa dimulai,” kata Pramono dikutip dari laman Setkab.go.id, Rabu 30 Mei 2018.

Ia mengungkapkan, saat ini, kendala teknis terkait pembebasan lahan tersebut, karena ada sedikit pergeseran lokasi, sehingga memiliki konsekuensi melakukan pembebasan lahan baru.

Untuk itu, Seskab berharap, masyarakat mendukung upaya pembebasan lahan tersebut. Ia meminta, yang biasa mengganggu agar kali ini tidak mengganggu keinginan warga Kediri memiliki bandara.

“Biarkan kesempatan rakyat yang menikmati, pemilik lahan, pemilik tanah yang menikmati, jangan kemudian makelar-makelar (tanah) bergentayangan yang menikmati,” tegas Pramono.

Ia menambahkan, dengan dibangunnya bandara baru, Kota Kediri diharapkan menjadi kota yang maju. Selain itu, Kediri juga bisa menjadi daerah industri baru dan daerah ekonomi baru.

airmagz.com